Sabtu, 08 Januari 2011

STANDARD KOMPETENSI KELULUSAN

BAHASA INDONESIA TINGKAT SMP TAHUN PELAJARAN 2010/2011
NO
ASPEK KEMAMPUAN YANG DIUJI/KOMPETENSI DASAR STANDARD KOMPETENSI KELULUSAN
1 Membaca
  • Menentukan isi dan bagian suatu paragraf
  • Menentukan kritik terhadap isi bacaan
  • Menentukan isi dan penyajian  teks berita, opini/tajuk
  • Menentukan kalimat fakta/pendapat
  • Menyimpulkan isi paragraf
  • Menentukan isi tajuk
  • Menyimpulkan isi grafik, tabel, bagan, peta, denah.
  • Menentukan perbedaan unsur intrinsik beberapa novel
  • Menentukan unsur intrinsik drama
Artikel, berita, opini/tajuk, tabel, bagan, grafik, peta, denah.
Berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerpen, novel, dan drama
2 Menulis
  • Menulis catatan pengalaman pada buku harian
  • Menentukan isi pesan singkat sesuai konteks
  • Menulis/menentukan paragraf laporan
  • Menulis/melengkapai surat pribadi
  • Menulis/melengkapi surat resmi
  • Menulis/menentukan rangkuman
  • Menulis/menentukan slogan
  • Menulis/melengkapi petunjuk melakukan sesuatu
  • Menulis/melengkapi kutipan pidato
  • Menentukan unsur karya ilmiah(perumusan pemasalahan karya ilmiah, latar belakang karya ilmiah)
  • Menyuntingkalimat ejaan/tanda baca, pilihan kata
  • Menulis/melengkapi pantun
  • Menulis/melengkapi puisi
  • Menulis/melengkapi drama
Menulis karangan non sastra dengan menggunakan kosakota yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat resmi, surat pribadi, pesan singkat, laporan, petunjuk, rangkuman, slogan dan poster, iklan baris, teks pidato, karya ilmiah, dan menyunting serta menulis karya sastra puisi dan drama.

MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI TINGKAT SMP TAHUN PELAJARAN 2010/2011
NO
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1
· Keanekaragaman makhluk hidup

· Mengklasifikasimakhluk hidup
· Mengidentifikasi ciri-ciri mahkluk hidup
· Pengelompokan makhluk hidup berdasarkan cirinya
2
· Menentukan ekosistem dan saling hubungan antara komponen ekosistem
· Mengidentifikasi pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem
· Memprediksipengaruh populasi manusia terhadap lingkungan
· Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
· Interaksi makhluk hidup

· Pelestarian makhluk hidup


· Kepadatan populasi manusia

· Pencemaran lingkungan
3
· Mendesrkipsikan sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
· Alat gerak manusia
4
· Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
· Sistem pencernaan dan enzimnya
5
· Mendeskripsikan peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
· Peredaran darah dan penyakitnya pada manusia
6
· Mengidentifikasi struktur dan fungs jaringan tumbuhan
· Mendeskripsikan nutrisi dn tranformasi energi pada tumbuhan hijau
· Mengidentifikasi macam-macam gerak pada tumbuhan
· Struktur jaringan/organ tumbuhan

· Fotosintesis

· Gerak tumbuhan
7
· Mendeskripsikan bahankimia alami dan buatan dalam kemasan yang tedapat dalam bahan makanan
· Mendeskripsikan sifat/pengaruh zat aditif dan psikotropika
· Bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari

· Zat aditif/psikotropika
8
· Mendeskripsikan sistem eksresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
· Mendeskripsikan  sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
· Sistem eksresi ginjal


· Sistem saraf dan alat indera pada manusia
9
· Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleksi alam, dan perkembangbiakan.
· Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat dan penarapannya
· Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalaui pdouksi pangan
· Perailaku makhluk hidup


· Hukum Mendel

· bioteknologi
 
STANDARD KOMPETENSI KELULUSAN
MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI TINGKAT SMP TAHUN PELAJARAN 2010/2011
NO
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1
· Keanekaragaman makhluk hidup

· Mengklasifikasimakhluk hidup
· Mengidentifikasi ciri-ciri mahkluk hidup
· Pengelompokan makhluk hidup berdasarkan cirinya

· Menentukan ekosistem dan saling hubungan antara komponen ekosistem
· Mengidentifikasi pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem
· Memprediksipengaruh populasi manusia terhadap lingkungan
· Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
· Interaksi makhluk hidup

· Pelestarian makhluk hidup


· Kepadatan populasi manusia

· Pencemaran lingkungan

· Mendesrkipsikan sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
· Alat gerak manusia

· Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
· Sistem pencernaan dan enzimnya

· Mendeskripsikan peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
· Peredaran darah dan penyakitnya pada manusia

· Mengidentifikasi struktur dan fungs jaringan tumbuhan
· Mendeskripsikan nutrisi dn tranformasi energi pada tumbuhan hijau
· Mengidentifikasi macam-macam gerak pada tumbuhan
· Struktur jaringan/organ tumbuhan

· Fotosintesis

· Gerak tumbuhan

· Mendeskripsikan bahankimia alami dan buatan dalam kemasan yang tedapat dalam bahan makanan
· Mendeskripsikan sifat/pengaruh zat aditif dan psikotropika
· Bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari

· Zat aditif/psikotropika

· Mendeskripsikan sistem eksresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
· Mendeskripsikan  sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
· Sistem eksresi ginjal


· Sistem saraf dan alat indera pada manusia

· Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleksi alam, dan perkembangbiakan.
· Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat dan penarapannya
· Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalaui pdouksi pangan
· Perailaku makhluk hidup


· Hukum Mendel

· bioteknologi


MATA PELAJARAN IPA FISIKAI TINGKAT SMP TAHUN PELAJARAN 2010/2011
NO STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1
  • Melakukan pengukuran dasar seecara teliti denganmenggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
  • Mendeskripsikan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari
  • Mendeskripsikan pean kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
  • Membaca alat ukur
  • Konsep massa janis rumus   =m
v
  • Pengaruh suhu dan pemuaian dalam kehidupan shari-hari
2
  • Mengelompokkan sifat larutan asam basa dan garam melalui alat dan indikator yang tepat
  • Membandingkan sifat unsur, senyawa, dan campura
  • Larutan asam, basa, dan garam
  • Sifat unsur, senyawa, dan campuran
3
  • Melakukan pemisahan camuran dengan berbagai cara berdasarkan sifat fisika dan kimia
  • Menyimpulkan perubahan fisika dan kimia berdasarkan hasil percobaan
  • Sifat  fisika dan sifat kimia
  • Perubahan fisika dan kimia
4
  • Menjelaskan konsep atom, ion dan moleku.
  • Membandingkan molekul unusr dan molekul senyawa
* Konsept atom, ion, dan molekul  *Unsur dan senyawa
5
  • Mengidentifikasi jenis gerak, gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suhu benda
  • Menjelaskan bentuk energi dan perubahannya, prinsip, usaha, dan energi sertapeneapannya dalam kehidupan sehari-hari
  • Menentukan percobaan tentang pesawat sederhana dan  penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
  • Meneyelidiki tekanan pada benda padat, cair, dan gas serta penerapannya dalam kehdiupan sehari-hari
  • Gerak lurus
  • Perubahan energi
  • Pesawat sederhana
  • Tekanan pada suatu benda
6
  • Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta parameter-parameternya
  • Mendeskripsikan konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari
  • Menyelidiki sifat cahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk cermin dan lensa
  • Mendeskripsikan alat-alat optik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
  • Getaran dan gelombang
  • Bunyi
  • Cahaya
  • Alat optik
7
  • mendeskripsikan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Mengalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
  • Mendeskripsikan hubungan energi dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
 
  • Listrik statis
  • Rangkaianlistrik
  • Energi dan daya listrik
8
  • Meneyelidiki gejala magnet dan cara memperkuat magnet
Cara pembuatan  magnet
9
  • Mendeskripsikan gerak edar bumi, bulan, dan satelit buatan serta pengaruhnya
keterkaitan pasang naik dan pasang surut dengan posisi bulan

 MATA PELAJARAN MATEMATIKA TINGKAT SMP TAHUN PELAJARAN 2010/2011

NO KOMPETENSI DASAR INDIKATOR
1 Menggunakan sifat-sifat opeasi hitung bilangan bulat dan .pecahan dalam pemcahan masalah.
  • Operasi tambah, kurang, kali, dan bagi pada bilangan bulat
  • Menyelsaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan
2 Menggunakan perbandingan untuk pemecahan masalah Menyelesaikan masalah berkaitan dengan skla dan perbandingan
3 Menggunakan konsep aljabar  dalam pemecahan maslah aritmatika sosial yang sederhana
  • Menyelsaiakan masalah berkaitan dengan jual beli
  • Menyelsaikan masalah berkaitan denganperbankan dan koperasi
4 Menentukan pola baisan bilangan sederhana Menyelsaikan masalah berkaitan dengan barisan bilangan.
5 Melakukan operasi aljabar
  • Mengalikan bentuk aljabar
  • Menghitung operasi tambah, kurang, kali, bagi, atau kuadrat bentuk aljabar.
6 Menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktor nya Menyederhanakan bentuk aljabar dengan memfaktorkan
7 Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan  pertidaksamaan linear satu variabel Menentukan penyelesaian persamaan linear satu variabel
8 Mealkukan operasi irisan, gabungan , kurang (defference) dan komplemen pada himpunan Menentukan irisan atau gabungan dua himpunan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan irisan atau gabungan dua himpunan
9 Menggunakan konsep himpunan dalam pemecahan masalah Menentukan irisan atau gabungan dua himpunan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan irisan atau gabungan dua himpunan
10 Memahami relasi dan fungsi Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan relasi dan fungsi
11 Menentukan nilai fungsi Nilai fungsi
12 Menentukan gradien, persamaan dan grafik garis lurus Menentukan gradien, persamaan garis dan grafiknya
13 Menyelesaikan sistem linear  dua variabel Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear  dua variabel
14 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkatian dengan sistem persamaan linear dua variabel dan penafsirannya Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel
15 Menggunakan Teorema Pythagoras untuk menentukan panjang sisi-sisi segitiga siku-siku Menyelesaikan soal dengan menggunakan teorema Pythagoras
16 Menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat serta  menggunakannya dalam pemecahanmasalah
  • menghitung luas bangun datar
  • menghitung keliling bangun datar danpenggunaan konsep keliling dalam kehidupan sehari-hari
17 Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya Menghitung besar sudut pada bidang datar
18 Menentukan  hubungan antara dua garis serta besar dan jenis sudut Menghitung besar sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain
19 Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalampemecahan masalah Menghitung besar sudut pusat dan sudut keliling pada lingkaran
20 Mengidentifikasi sifat-sifat dalam segitiga sebangun dan kongruen
  • menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep kongruensi
  • menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep kesebangunan
21 Mengidentifikasi sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya Menentukan unusur-unsur bangun ruang sisi datar
22 Membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma dan limas Menentukan volume bangun ruang sisi datar
23 Menghitung luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma, dan limas Menghitung volume bangun ruang sisi  datar
24 Menghitung luas selimut dan volume tabung, kerucut, dan bola Menghitung volume bangun ruang sisi lengkung
25 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola Menghitung luas permukaan bangun ruas sisi datar dan sisi lengkung
26 Menentukan rata-rata, median, dan modus data tunggal sertapenafsirannya Menentukan ukuranpemusatan  dan menggunakan dalam penyelesaian masalah sehari-hari
27 Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, dan lingkaran Menyajikan  dan manafsirkan data

MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS TINGKAT SMP TAHUN PELAJARAN 2010/2011
No KOMPETENSI DASAR MATERI
1 Reading (membaca) merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat  (Notice/caution/warning) makna teks 
2 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan gfungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berteima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar 
  • (Greeting card) Informasi tersirat
  • Tujuan komunikatif
  • (Short Message) Informasi rinci tersurat
  • Informasi tersirat
  • (Invitation) Informasi tersirat
  • Tujuan komunikatif
3 Merespon makna yang terdapat  dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam kontks kehidupan sehari-hari
  • (Announcement) Informasi rinci tersurat
  • Makna kata/frasa
  • (Advertisement) Informasi rinci
  • Makna  kata /frasa
  • (Label) Informasi tersirat
  • Makna kata/frasa
  • (Personal leeter/e-mail) informasi rinci tersurat
  • Informasi tersirat
  • Makna kata/frasa
4 Merespon makna dan langkah retorika secara akurat. Lancar berterima dalam esei sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure  Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
  • Descriptibe tekxt (mainan kesayangan ) Informasi tertentu
  • Makna kata/frasa
  • Informasi tersirat
  • Procedure text (makanan khas suatu daerah di Indonesia) informasi rinci tersurat
  • Makna kata/frasa
  • Informasi tertentu
  • Recount (pengalaman yang lucu/memalukan) gambaran umum
  • Informasi rinci tersurat
  • Informasi tersirat
5 Merespon makna dan langkah retorika dalam eseai pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam tks berbentuk recount dan narrative
  • Narrative text (cerita rakyat Indonesia) Informasi rinci tersurat
  • Pikiran utama salah satu paragraf
  • Makna katafrase
  • Pesan moral
6 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar, dan beterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks bertentuk procedure dan report
  • Report text (pekerjaan tertentu) gambaran umum
  • Informasi rinci tertentu
  • Makna kata/frasa
  • Tujuan komunikatif
7 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
  • Descriptive text (objekct/gedung terkenal) Informasi rinci tertentu
  • Makna kata/frasa
  • Informasi tersirat
8 Membaca nyaring bermakna tekws fungsional dan esei pendek dan sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima
  • Procedure text (memainkan permainan tertentu) Informasi tertentu
  • Informasi rinci tesurat
  • Makna kata/frasa
9 Merespon makna yang erdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk narrative dan recount
  • Narrative (fairy tale)
  • Pikiran utama salah satu paragraf
  • Gagasan utama
  • Informasi tersirat
10 Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat lancar, dan beterima untuk berinterkasi dengan lingkungan sekitar alam teks berbentuk narrative dan recount
  • Recount (replika berita kejadian tertentu dari koran) Gambaran umum
  • Informasi rinci tertentu
  • Makna kata frasa
11 Merespon makna dan lngkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima utnuk berinteraksidalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report
  • Report (tanaman)
  • Informasi tetentu
  • Pikiran utama salah satu paragraf
  • Informasi tersirat
  • Makna kata/frasa
12 Mengungkapkan makna dan langkah tetorikak  dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahas tulis secara akurat, lancar, dan berteima untuk berinterkasi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report
  • Narrative (popular story)
  • Informasi tertentu
  • Gagasan utama
  • Pesan moral
13 Writing  Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sangat sederhana dengan mengguanakan ragam bahsa lisan untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk deccriptive dan procedure
  • Kata ganti
  • Kata kerja
  • Kata benda majemuk (noun phrase)
14 Mengungkapkan makna dalam bentukteks tulis gingusional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa bu\\tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar Menyusun kata acak (openeing suatu surat)
15 Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount dan narrative. Menyusun kata acak (kalimat simple present continous tense)
16 Mengungkapkann makna dalam monolog  pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksio dengan lingkungan sekittar dalam teks berbentuk recount dan narrative Menyusun kalimat acak (narrative text fabel)
17 Merespon makna yang  terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk narrative dan recount Menyusun kalimat acak (recount text)
Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Berikan Pedapatmu